Visa Pertama : Visa Tipe D ke Eropa

Akhirnya, paspor saya ada isinya juga, setelah sekian lama menganggur dan hanya ngeksis untuk memasukkan aplikasi saja. Aplikasi yang 2 kali ditolak karena mungkin belum layak, atau mungkin karena belum rejekinya, namun pastinya bisa jadi karena diri ini yang kurang berusaha. Akhirnya, visa pertama ini menghiasi paspor juga, sebagai salah satu bekal untuk berangkat ke Polandia bulan depan. Jenis visa sebenarnya bermacam-macam, namun  karena saya akan tinggal di Polandia selama 10 bulan (yaitu lebih dari 90 hari), maka visa saya tergolong ke dalam visa tipe D. National Visa yang merupakan visa tipe D ini saya dapatkan di Kedutaan Polandia, Jakarta dengan proses yang saya rasa tidak terlalu rumit dan syarat yang tidak terlalu susah karena tidak ada sesi interview-nya. Bagi yang ingin mengurus visa ke Polandia, silakan kepo di halaman berikut.

Proses pengurusan visa pun berjalan cukup singkat, tidak bertele-tele, dimana dokumen-dokumen yang telah terkumpul lengkap dicek oleh petugas dan kemudian dikumpulkan, kita tinggal menunggu sekitar kurang lebih 14 hari kerja. Kita perkirakan saja 14 hari kerja itu kira-kira kapan, karena ketika visa jadi kita tidak dihubungi petugas, namun kita yang aktif untuk menanyakan sudah jadi atau belum visanya. Petugasnya cukup ramah dan baik, jadi tidak perlu takut untuk bertanya 😉 Untuk pengambilan, ketika tidak bisa mengambil sendiri, bisa diwakilkan kepada orang yang dipercaya dengan menggunakan surat kuasa bermaterai.

wisa2

Visa ini sifatnya multiple entry, jadi ketika saya sudah di Eropa nanti saya bisa berkunjung dari satu negara ke negara lain di Uni Eropa yang termasuk ke dalam visa Schengen -yaitu sekitar 20 negara (menurut informasi)- , menggunakan hanya satu visa ini saja. Kedengarannya sekilas sangat seru dan sudah membayangkan travelling nya daripada kuliahnya #ups 😀 *bercanda* 😀 Tujuan utamanya tetap kuliah kemudian networking sambil travelling. Bismillah, saat ini sedang sibuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk H-1 bulan sebelum keberangkatan. Semoga tidak ada yang terlewat, dan bisa memaksimalkan waktu yang tersisa dengan baik. Semangat 🙂

2 thoughts on “Visa Pertama : Visa Tipe D ke Eropa

  1. @Seviana : Wah senengnya… buk cepi mampir ke blogku 😀
    Aamiin… sukses terus juga buat buk Cepiiii… *kembaranku* 😀

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.