Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

INSTALLASI JDK,Eclipse,dan Netbeans pada Linux

Leave a comment

Hmmm…Ilkmomers pasti gak asing dengan yang namanya Java Editor seperti Netbeans dan Eclipse n juga ,sebagai compilernya digunakan JDK. Pada awalnya aku sempet bingung juga untuk menginstall software-software ntu diatas platform linux,untuk distro yang aku pake openSUSE 11.1Ya,walaupun mungkin dikatakan telat nulis,setidaknya mungkin bisa bermanfaat bagi temen-temen yang bemigrasi ke openSource githu…Hareee gene guys…

Pertama yang harus kamu lakuin tentunya ya download jdk,eclipse,dan juga netbeans.Silahkan berkunjung ke http://www.eclipse.org/ untuk eclipse dan http://www.sun.com untuk jdk dan netbeans.Setelah itu simpan kedalam satu buah folder,tidak satu folder juga tidak apa-apa,hanya mempermudah dalam pencarian saja🙂

INSTALLASI jdk
1. pastikan kamu sudah berada pada folder yang didalamnya ada jd-k nya.Untuk perintah melihat isi cd bisa digunakan perintah linux-qjvo:/home/Shary # ls
2.Setelah mendapatkan isinya kemudian copykan jdk tersebut ke dalam direktori /opt
Baris perintah linux-qjvo:/home/Shary # cp jdk-6u12-linux-i586.bin /opt
setelah itu pindah ke direktori /opt dan kemudian install jdk dengan perintah
linux-qjvo:/home/Shary # ./ jdk-6u12-linux-i586.bin
Untuk mengecek apakah jdk sudah terinstall apa belum dapat dicek dengan baris perintah
linux-qjvo:/home/Shary # java -version
jika ada baris command seperti di bawah,terlihat bahwa jdk sudah terinstall.
java version “1.6.0_0”
IcedTea6 1.4 (suse-24.3.1-i386) Runtime Environment (build 1.6.0_0-b14)
OpenJDK Client VM (build 14.0-b08, mixed mode)

INSTALLASI eclipse
1.Untuk menginstall eclipse dengan ekstensi tar gz adalah sebagai berikut
linux-qjvo:/home/Shary # tar -xzvf eclipse-SDK-3.4.1-linux-gtk.tar.gz -C /opt
maksudnya adalah mengekstrak ecllipse dan mengopykannya dalam direktori /opt
file eclipse cukup hanya diekstrak saja,,,,
2.Kemudian agar bisa diakses pada menu kita bisa menambahkannya,dengan cara mengklik kanan lambang suse,then pilih Menu Editor,dan tambahkan disana new item eclipse dan iconnya. Dan commandnya diisi sesuai dengan file eclipse yang terletak pada direktori /opt
3. Hueee…sekarang udah bisa ngoding pakek eclipse neh… ehem….

INSTALLASI Netbeans
Paling gampang banget kalo ngistall file yang berekstensi sh…Hummmmm…
tinggal ketikkan baris perintah seperti berikut :
linux-qjvo:/home/Shary # sh netbeans-6.5-ml-javase-linux.sh
tunggu sebentar,maka akan keluar tampilan installasi yang tinggal klik,layaknya yang udah mengklak-klik dengan installasi pada platform windows…OK dech…Netbeans siap digunakan…

Buat teman-teman selamat datang di dunia opensource…
Belajar bareng-bareng yukz….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s