Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Perawatan Akar Gigi

20 Comments

Kayaknya kalau aku posting disini kuk gag enak  ya sama anak-anak kedokteran gigi…Tapi berhubung aku ini punya sedikit pengalaman dengan gigi geraham atas bagian belakang.

Nah saat itu tu pas aku lagi makan tiba-tiba ada sesuatu yang mengganjal pada mulut ketika mengunyah. Kukira itu kerikil kecil pada nasi, namun pas dikunyah itu rasanya kera sekali. Dan ketika aku mengeluarkan isi makananQ semacam ada gigi kecil.. Dan dueeengggg!!!! gigi gerahamku ada yang cuil dikit. Weleh kubiarin sementara, sebulan kemudian..hadewh…. sakitnya minta ampun dech,gag bisa tidur,jempalingan ngalor ngidul, tetap tidak mengurangi rasa sakit.. Mana waktu itu aku inget banget besoknya UAS “SITEM BERKAS”. Hayah…gag satu pun yang bisa aku cerna dan ujian jadi apa adanya.Hmmm masih bisa bersyukur hasil akhir A..Alhamdulillah….

Nah setelah bergulat dengan rasa sakit itu akhirnya kutemui dokter gigi di salah satu rumah sakit yang sangat terkenal sekali (lebay…) di Kota Malang..hehehe..Eh ketemu dokter ganteng…xixixi… Dan dokter menyatakan aku harus bolak-balik seminggu sekali selama minimal 8 kali untuk perawatan akar gigi.Busyet dah, kupikir semula lama amat. Diapain ajah… Ya udah dech pasrah daripada sakit terus..

Menurut sumber yang kubaca :
Gigi yang berlubang akan menimbulkan sakit berdenyut kalau sudah mencapai ruang pulpa yang isinya adalah jaringan syaraf dan pembuluh darah. Bila tidak dirawat, infeksi bisa menyebar ke jaringan di bawah gigi dan menimbulkan abses. Abses berisi nanah, dan menyebabkan pembengkakan di gusi. Pada kasus-kasus tertentu abses ini bisa besar sekali hingga pipi menjadi bengkak. Gigi yang sedang sakit dan mengalami abses tidak boleh langsung dicabut karena infeksi yang terjadi sedang dalam fase akut. Rasa sakit dan abses harus diredakan dulu, dengan minum obat antibiotik sesuai resep dokter.

Minum obat penghilang rasa sakit yang dapat dibeli dengan mudah di toko obat atau apotek mungkin ampuh untuk mengusir rasa sakit yang menyiksa. Namun tidak menghilangkan infeksi yang terjadi pada gigi penyebab. Suatu saat rasa sakit mungkin akan timbul lagi, selama gigi penyebab tidak dirawat dengan tuntas.

Gigi berlubang yang sudah pernah sakit berdenyut spontan lalu dibiarkan tidak dirawat kemudian rasa sakit itu hilang, besar kemungkinan syaraf gigi sudah mati. Dengan kata lain, infeksi gigi sudah mencapai daerah di ujung akar dan menyebabkan abses. Pencabutan adalah pilihan perawatan yang terakhir. Apalagi, bila tindakan konservatif dan preservatif sudah tidak dapat lagi dilakukan.

Perawatan yang kujalani pada awalnya adalah perawatan saluran akar, yang dokter bilang sebagai endodontic treatment (root canal treatment). Saluran tersebut emang harus dibersihin biar terhindar dari infeksi kuman.Habis itu dikasih obat di dalam giginya untuk mencegah kontaminasi bakteri.Dirongten juga,untuk mengukur kedalaman akarnya mungkin.Yah..berminggu-minggi dirawat,dengan perawatan yang kurang begitu tahu nama perwatannya apa aja. Pada 3 minggu kemaren aku sudah diukur dan dicetak gigiku untuk dibuatkan mahkota. Dan sekarang selesai lah perawatan akar gigiku.Alhamdulillah…rasanya mantab jaya..

Buat teman-teman…makanya gigi kelihatannya aja simple tapi pusat dari segala syaraf.Wong aku  yang sudah rajin sikat gigi aja masih bisa cuil.Hehe…kesalahan teknis dalam makan.Hehe…Hummm weleh…mana biaya yang dikeluarkan juga gag sedikit men!!!! fiuhhhh…

Dan berikut tips merawat gigi agar tetap sehatyang kuambil dari :http://www.anzoen.com/2009/07/tips-merawat-akar-gigi.html

  • Rutin sikat gigi.(Walau gak menjamin 100%). Kalo mau rutin setiap habis makan sikat gigi.Mau wudlu sikat gigi. Mau bobok sikat gigi. (Wah odol laris manis nih…ckckck).
  • Gerakan nyikat gigi harus diperhatikan, apalgi kalo giginya kurang teratur kan emang susah nyikatnya.
  • Kalo bisa hindari tuwh tusuk gigi.Bisa ngrusak gigi dan gusi.Ukay…
  • Kurangi makanan yang banyak mengadung gula.

20 thoughts on “Perawatan Akar Gigi

  1. sis mau nanya nih soalnya kasus sis sama sepeerti aku.aku juga udah lakukan perawatan saluran akar. dan di suruh wait 2 minggu untuk kemudian cetak.tapi aku liat liat di postingan orang katanya sebelum di cetak,giginya di asah??gimana yah cara sahnya?sakit ga?trus di pasang pin gimana yah?sakit atau gak?hehehe aku udah parno duluan nih.di bius atau tidak yah??
    tolong infonya yah sis
    thx

  2. sepertinya udah dijawab via FB…^_^

  3. halohalo sis, aku juga sekarang lagi perawatan syaraf gigi. baru kunjungan pertama. dan kata dokter gigiku, masih ada sekitar 7-12😦 kali kunjungan lagi tergantung perkembangan gigiku. kalo sis dulu berobatnya sama dokter gigi siapa? kalo misal bagus, aku minta alamatnya🙂
    sis dulu berapa kali kunjungan kesana? trus biayanya berapa dari perawatan syaraf sampai crown?🙂

    kalo ada waktu, boleh email ke winda.wulandari.de(at)gmail.com
    Terimakasih🙂

  4. @ mbak winda :
    Iya memang lama mbak, ya saya lebih prefer untuk perawatan lama dan meyakinkan.
    Saya langsung ke poliklinik gigi RS.Saiful Anwar, jadi saya ditangani oleh beberapa dokter disana.
    Selama ini, setelah berobat dan sampai sekarang saya merasa nyaman.
    Sama seperti mbak winda, mungkin saya hampir krg lebih 3 bulan saat itu, apalagi waktu dulu saya harus off 3 minggu perawatan karena ke luar kota.
    Biaya perawatan relatif mahal, dan untuk crown itu bermacam-macam pula harganya.
    Begitu mbak kira2 mungkin yang dapat saya share.

  5. aku perwtn syarat cm 2x disektr medan, truz di tampal permnen ud 3 bln yg lalu smp skrg oke2 aj neh… cm kn 1,2jt

  6. berapa harga perawatannya???

  7. mau tanya-tanya, awalnya pernah kecelakaan 2 tahun yang lalu, akhirnya gigi depan menghitam dan di saranin untuk rawat syaraf, sayangnya waktu itu aku nolak, dan setelah 2 tahun sudah ngalamin 2 kali abses gigi parah, bernanah dan sakitnya minta ampun. Kira-kira dalam sekali berkunjung itu ngehabisin biaya berapa?dan bisa berapa kali bolak-balik ke dokter, trims

  8. @connietta
    Berhubung saya bukan dokter gigi kurang tau ya mbak harus bolak balik berapa kali untuk perawatan dengan kondisi gigi seperti mbak. Dulu saya perawatan akar gigi, gigi geraham, hampir 2-3 bulan seminggu sekali. Soal biaya, dulu saya total satu jutaan lebih di Rumah Sakit Umum, kurang tau kalau bukan di RSU tarifnya berapa mba..🙂 Semoga segera sembuh.🙂

  9. hehehehe. . . banyak yang pada nanya harga biaya perawatan yeeee. . .
    jangan takut deh mbak dan mas mas nya. gak sampe jual rumah kok hihihihi😀
    dan saya harap jangan sayang keluarin uang untuk kesehatan yaah . . .
    terkadang kita melihat saudara saudara di skeliling kita sampai sakaratul maut juga dia keluarin biaya yang jarang jumlah biaya nya itu sedikit demi untuk sehat kembali ya kan ?🙂 .
    jadi jangan sayang ya merawat diri untuk kesehatan. dan semoga kita semua di beri kesehatan sama Allah amiiin. .

    sekedar informasi Tertanggal 24 januari 2014
    Nama : Muhammad Safri
    umur : 23 Tahun
    pekerjaan : mahasiswa
    gol Darah : O
    alamat : jalan titipapan komp. deli raya. MEDAN

    saya melakukan perawatan saraf gigi saya bagian atas sebelah kanan sebelum melakukan penambalan secara permanen. . .
    itu saya lakukan di tempat praktek gigi di jalan mustafa medan yang deket mesjid Taqwa itu lhooo . . atas nama drg. Steven,

    dan kata koko steven, melakukan perawatan saraf yang udah pernah denyut sebelum nya. itu di lakukan sebanyak 5 kali kunjungan setiap seminggu sekali. jadi seminggu sekali kita datang deh ke dokter gigi . . sebanyak 5 kalii dong . . jelas banget penjelasan nya hihihiihiiiiiiiiiii😀

    untuk biaya sekali kunjungan perawatan saraf itu Rp. 300.000,- itu harga umum yaaaa. . .
    tapi akhir nya dia nurunin biaya nya Rp. 250.000 padahal saya gak minta hihihihihi alhamdulillah. .

    sekian informasi dari saya semoga kita, keluarga kita dan saudara saudara kita sehat wal afiat amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin
    cepat sembuh yaaaaa. . . 🙂

  10. @Afri Terima kasih atas kunjungan dan sharingnya, semoga bermnafaat untuk kita semua🙂

  11. Malem,saya mau nanya ni kalo gigi geraham bawah yg kanan n kiri sudah berlubang besar dan hitam,kira”berapa biaya perawatan saluran akar yah?
    Tolong dijawab yah!
    Trims

  12. @ayu.. wah kurang tau ya mbak ayu biayanya berapa sekarang..

  13. Ok deh,klo didaerah serpong bsd dokter yg bgus n dokternya cewek yg periksa dmn y?

  14. saya belum pernah domisili di serpong mbak ayu jadi kurang tau juga..🙂 maaf ya..🙂

  15. sama-sama 🙂

  16. Kalo pengisian saluran akar sakit gak sih ? Dari pada pas perawatan syaraf nya ..

  17. saya lupa-lupa ingat, kayaknya enggak terlalu sakit, yang lumayan sakit saat syarafnya dimatikan, selebihnya enjoy aja🙂

  18. Boleh info ini didokter mana ya ?

  19. Di poli gigi RS Saiful Anwar Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s