Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Aplikasi GHB BSS

7 Comments

Aplikasi GHB BSS ini merupakan aplikasi Grafik Hasil Belajar untuk SMA Brawijaya Smart School Malang. Dimana fitur yang ditekankan pada aplikasi ini berupa sistem informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik (lebih tepatnya line chart) dan juga pembuatan reporting nilai yang sekaligus disertai grafik di dalamnya. Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman Java dengan java editornya Netbeans dan DBMSnya menggunakan MySQL 5.0. Aplikasi ini memang sengaja dibuat karena tuntutan mata kuliah wajib yaitu PKL yang saya ambil baru semester ini (semester 7 tapi akan seminar InsyaAllah semester 8 mendatang…soalnya belom ngambil KRS nya…dikarenakan peraturan baru🙂 ). Saya bersama partner PKL saya yang juga teman sekelas bernama Nini.

Agak berat memang menjalani PKL sambil kuliah karena harus membagi waktu. Cukup bersyukur karena dengan PKL menjawab tantangan saya, bahwa apa yang saya pelajari lumayan banyak yang baru, semisal pembuatan Grafik maupun reporting, bagaimana menghubungkan itu semua ke database. Kedengarannya simple, tapi banyak yang saya tanya, juga belum pernah melakukannya, dan alhasil jawabannya belum tahu kalo itu diterapkan pada Dekstop Based seperti aplikasi BSS ini, setahu teman-teman bisa terintegrasi dengan baik jika menggunakan Web Based, karena lebih mudah (kata teman-teman saya seperti itu, karena memang PKL teman-teman lebih banyak yang bersifat Web Based). Yaaa…terpaksa dech ngerjain juga….Lha gimana lagi masa mau gak dikerjain..hehe… Semangat!! (kata-kata yang sering terdengar dan cukup menghibur)🙂

Alhamdulillah benar kata wasiat Man Jadda Wa Jadda…kini aplikasi tersebut 80%-90%  jadi..^_^ dalam kurun waktu yang cukup singkat dilanda kepadatan yang tiada henti, setidaknya lumayan mendapatkan banyak hal baru…🙂  Hal-hal yang dilakukan kedepan adalah : Membuat Manual Help (saya suka sekali dengan pekerjaan ini…hehe…), Membuat Laporan PKL , dan selanjutnya ujian seminar PKL di semester depan…. Bismillahirohmanirrohim….Semoga Allah tetap menjaga kekuatan semangatku dengan segala KekuaasaanNya…. Subhanallah….

Nini!!!Tetap semangat yah!!!😀😀😀

7 thoughts on “Aplikasi GHB BSS

  1. iyaaaa….yang udah seminar…xixixixixi….
    aq segera menyusul….😀 bismillah…:)

  2. saya tertarik (amat sangat) buat aplikasi sejenis, pake fox pro ya?

  3. @mas.heri: aplikasi yang kami buat meggunakan java dengan java editor netbeans 6.9.1 dengan DBMS nya MySQL…
    Hehehe..alhamdulillah ini juga masih on progress mas…masih banyak yang harus diperbaiki…
    sukses terus buat mas heri..^_^

  4. menu gurunya apa aja?dalam aplikasi ini input data nilai by admin ato guru?

  5. @mbak dian: di dalam menu gurunya terdapat submenu diantaranya :
    1. kriteria penilaian. Dimana masing-masing item mengajar sang guru akan mempunyai inputan yang berbeda di masing2 item mengajarnya tersebut..
    2. Input nilai berdasarkan kriteria guru yang dimaksudkan pada poin 1
    3. Menampilkan grafik dari inputan nilai tersebut
    4. Reporting penilaian tersebut ditambah dengan grafiknya di reportnya tersebut.
    Untuk fitur-fitur yang ada nanti InsyaAllah saya posting kalo bener2 sudah launch…^_^

  6. semoga berhasil
    saya tunggu file jadinya mbk buat panduan blajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s