Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Safety Riding dalam Angkutan Umum

4 Comments

Kebolehjadian penyebab salah satunya kecelakaan lalu lintas adalah buat akibat dari over capasity sebuah angkutan umum yang mungkin saja kurang adanya kepedulian terhadap  keamanan dan keselamatan penumpang. Hal tersebut menjadi kurang dirasa karena boleh saja keinginan dari sopir yang memenuhi target penumpang, atau penumpang yang tidak mau menunggu lama lagi mendapatkan angkutan berikutnya karena ingin cepat sampai tujuan Banyak kendaraan yang berupa umum yang sering dipakai dalam kegiatan sehari-hari terlebih kendaraan umum yang berupa “angkot”.

Angkot : salah satu kendaraan umum yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari

Angkot merupakan kendaraan yang familiar digunakan oleh para kalangan pada umumnya dewasa maupun anak-anak serta golongan pelajar khususnya untuk menjelajah perjalanan dari rumah ke tempat menimba ilmu tanpa harus menempuh jalan kaki yang lumayan jauh. Terkadang fenomena dalam kendaraan umum yang satu ini berubah menjadi sesuatu hal yang unik, dimana para penumpangnya sampai ada di mulut pintu angkot itu sendiri, karena membludaknya kuantitas penumpang yang ditampung dalam angkot tersebut. Dan sekali lagi entah itu kebutuhan sopir atau keinginan para penumpang sendiri dengan segala alasannya masing-masing. Oleh karena itu, kendaraan ini menjadi salah satu kendaraan yang lumayan sering diminati, karena lingkup kendaraan umum ini sering berada dalam aktivitas sehari-hari yang biasanya berada dalam kota.

Pose salah satu penumpang dalam kendaraan angkutan umum yang cuek dengan safety riding

Sungguh sesuatu hal yang sangat disayangkan pula jika salah satu akibat dari kecelakaan lalu lintas adalah fenomena diatas. Sesuatu hal yang seharusnya menjadi pembelajaran di awal untuk safety riding dalam kendaraan umum,dan  sesuatu yang semestinya bisa dihindari untuk lebih preventif terhadap angka kecelakaan lalu lintas. Padatnya kendaraan yang tumplek di jalanan sebaiknya menjadi suatu kewaspadaan untuk menjaga diri kita dalam berkendaraan maupun menggunakan kendaran umum.

Hendaknya keselamatan adalah salah satu modal kita bersama untuk membangun kesadaran pentingnya safety riding dalam kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Boleh saja sedikit kita mengabaikan, namun tentu saja kita juga tidak mau pada akhirnya keselamatan kita terbaikan.  Beberapa saran yang dapat digunakan ketika ingin menyayangi diri Anda dalam berkendara yaitu :

  1. Jika angkutan padat lebih baik menunggu angkutan berikutnya. Target adalah selamat dan sampai. Bukan cepat tapi usai. Jika memang cepat-cepat ingin mendapatkan angkot berangkatlah lebih pagi untuk menunggunya.
  2. Lebih baik membedakan cara berbusana dalam kendaraan umum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama kaum hawa. Menggunakan busana yang sewajarnya. Hal tersebut termasuk dalam tindakan preventif safety riding. Karena pada dasarnya dengan safety segalanya dapat menunjang terjadinya safety  riding.
  3. Barang bawaan yang sekiranya mampu mengundang mata-mata pencuri sebaiknya juga disimpan dahulu. Bawa barang yang sekiranya perlu dan tidak berlebihan . Kejadian ricuh dalam kendaraan umum akan membuat penumpang lainnya tidak nyaman dan mengganggu proses dalam berkendaraan.

Penumpang kendaraan umum saling berdesakan dan terkadang mengesampingkan pentingnya safety riding

Begitulah sedikit opini saya yang dapat sampaikan sebagai penggerak hati pembaca untuk selalu waspada dalam berkendaraan sebagai salah satu pertimbangan dalam gerakan safety riding. Karena memang banyak yang menyayangi kita, maka sayangilah diri sendiri dahulu dengan saferty riding dimanapun kita beraada. Sesuatu yang kelihatannya simple namun sedikit saja disepelekan makan dampaknya akan  kembali pada diri kita sendiri..

Semangat untuk mengkampanyekan safety…safety…dan safety…safety diri sendiri dalam safety riding.  ^_^

Source gambar: diambil dari beberapa sumber pada google.

4 thoughts on “Safety Riding dalam Angkutan Umum

  1. angkutan umum d indonesia memang kurang memperhatikan kenyamanan penumpangnya,,itu realita yang ada dalam pikiran pengelola adalah bagaimana mendapatkan uang… dan pemikiran tersebut sulit untuk di ubah (prinsip ekonomi)

    sehingga menyebabkan banyaknya pelecehan, pencurian, perampokan, pencopetan dan pe-pe yang lainnya…🙂

  2. @vitamin hati: betul..betul…betul…mungkin pendapat jimmy ada benarnya atau mungkin banyak benarnya… mari kita sama-sama menyikapi mana yang lebih baik…
    terima kasih jimmy atas kunjungannya… ^_^

  3. u’r welcome😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s