Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Career Preparation Training (1)

4 Comments

sumber photo http://prasetya.ub.ac.id/berita/Mempersiapkan-Karir-Untuk-Sukses-5727-id.html

Carrer Preparation Training merupaka sebuah acara yang digelar oleh Perpustakaan UB bekerja sama dengan Sampoerna dan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia dengan dukungan dari Job Placement Center  Universitas Brawijaya. Acara ini bertema “Membekali untuk Sukses”. Acara yang cukup penting dan bermanfaat untuk para mahasiswa yang akan menerjunkan dirinya ke dunia kerja. Dengan adanya acara ini mahasiswa dapat membekali dirinya denga kemampuan non akademis diluar akademis (tentunya) yang diperlukan juga di dunia kaerja. Acara ini terbagi menjadi dua hari. Hari pertama (25 Juli 2011) dan Hari kedua (26 Juli 2011).

Pada hari ini (25 Juli 2011) acara terbagi menjadi beberapa sesi diantaranya adalah

  • Pengembangan diri,dunia kerja,dan corporate culture

Pada sesi ini dibuka dengan sebuah pemanasan game yang melatih konsentrasi. Game “badak” cukup membuat kami semangat di pagi hari.:) . Ada beberapa poin penting yang dapat diambil dari sesi ini sebagai modal untuk memasuki dunia kerja sehingga dapat mengembangkan diri di dalamnya. Poin tersebut diantaranya adalah sebagai berikut, dengan sedikit pendapat dari saya.

1.Dasar Keilmuan yang cukup
Mempunyai kemampuan untuk menganalisa dan memahami ilmu-ilmu yang sifatnya mendasar. Contoh kasus: si A dapat menjawab soal matematika sesulit apapun, namun ketika ditanya apa rumus lingkaran,dia kebingungan,dan nyaris lupa. Sedangkan dalam hal ini yang dinilai adalah kecepatan dan ketelitian.

2. Mempunyai Visi ke depan
Mempunyai tujuan dan harapan, sehingga dirinya mempunyai gambaran untuk meraih harapan tersebut.

3. Bisa bekerja dalam tim
Hal ini memang banyak sekali diperlukan di dunia kerja mengingat kerjasama dalam tim lebih diutamakan, daripada kerja secara individual. Disini akan dilatih bagaimana menghadapi bermacam-macam karakter orang dalam sebuah tim.

4. Memiliki Kepercayaan Diri
Percaya diri sangat diperlukan untuk memberi keyakinan bahwa kita memang layak.

5. Mampu Berpikir Analitis
Kita terkadang diberi suatu kasus atau permasalahan yang dapat digunakan untuk mengasah kepekaan kita untuk dapat berpikir secara analitis.

6. Mudah Beradaptasi
Mudah beradaptasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sukses. Di dalam sebuah pekerjaan, terkadang ada perusahaan yang tidak menyukai jika calon pegawainya tersebut merupakan orang yang hobi pindah-pindah tempat kerja.

7. Mampu Bekerja dalam Tekanan
Mampu untuk tetap menjalankan tugas dengan baik jika terdapat tekanan misalnya dengan deadline yang mendadak, atau dalam waktu beberapa jam, menit bahkan detik dituntut untuk melakukan sebuah pekerjaan. Ketahanan kita dilatih dalam hal ini.

8. Menguasai Aplikasi Komputer
Di jaman serba digital sekarang ini sudah selayaknya konsumsi komputer menjadi hal yang tidak asing lagi. Dengan modal dasar pengusaan aplikasi yang sering digunakan misalnya seperti word atau spreadsheet

9. Cakap Berbahasa Inggris
Cakap berbahasa inggris biasanya ditampilkan pada saat interview. Terkadang tidak semua perusahaan memberikan kualifikasi seperti sertifikat TOEIC/TOEFL, ada perusahaan yang memberikan test bahasa inggris tersendiri.

10. Mampu Mengorganiasasi Pekerjaan
Mengorganisasikan berarti mengatur, membuat prioritas terhadap pekerjaan agar dapat ter-manage dengan baik.

  • Sistem Recruitment dan Pilihan Kerja,Organisasi, dan Sistem Kepangkatan

Pada sesi ini dijelaskan bagaimana peranan sebuah Job Placement Center UB khususnya. Selain itu, dijelaskan pula sistem recruitment perusahaan yang biasanya terdiri dari seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Akademik dan Bahasa Inggris, Tes Psikologi, Tes Kesehatan, Tes Wawancara. Pada sesi ini lebih mengkhususkan mengenai prosedur rekruitment yang ada di JPC UB dan bagaimana organisasi di dalamnya. Untuk informasi lowongan pekerjaan dapat didapatkan di Job Placement Center UB, atau dengan mengikuti informasi dari website JPC UB

  • Game
Untuk mengawali game ini dibentuk dua tim dengan pemilihan ketua, pemberian nama team, dan menggambar logo team, dan semua itu diberikan waktu 5 menit. Terdapat dua game disini diantaranya yang pertama untuk menguji pentingnya komunikasi dalam kerjasama.Komunikasi berjauhan maupun komunikasi yang berdekatan dapat mempengaruhi kesuksesan tim tersebut dalam meraih sesuatu hal.Game yang pertama diberikan waktu hanya 5 menit untuk menyelesaikan permainan tali menali.🙂  Game yang kedua adalah focus discussion group, dimana dalam 1 team diberikan sebuah permasalahan yang harus kita selesaikan dan kita diskusikan dalam 5 menit, kita dituntut untuk membentuk suatu strategi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan batasan alternatif yang diberikan. Di sini yang dilihat juga peranan anggota team dalam menyampaikan pendapatnya.
Begitulah sekiranya teman-teman yang bisa saya bagi untuk training hari ini. Sebenarnya masih banyak pengompresan di dalam tulisan ini, namun semoga sudah mewakili semuanya. Semoga informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk yang membacanya.🙂 Untuk Career Preparation Training (2) akan dilaksanakan besok 26 Juli 2011.
Bersambung…..🙂

4 thoughts on “Career Preparation Training (1)

  1. pengen banget ikut acara ini kemarin sar..sayangnya sepulang dari semarang aku sakit😦
    tapi alhamdulillah..ada waktu istirahat untuk memulihkan tenaga..
    shar, sharenya lagi ya tentang acara ini..😀
    syukron🙂

  2. Semoga cepat sembuh ya pit…
    Iya InsyaAllah aq share untuk kegiatan ke-2 (hari in) lagi..
    Ada fotokopi modulnya,ntar bisa difotokopi juga…:)

  3. ikutan ikutan..
    mau dong shar modulnya….di share ya😀

  4. @bagus: oyi gus ntar di share lagi ya..InsyaAllah nulis lagi ntar…
    terima kasih ya kunjungannya…^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s