Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Mengurus Bebas Lab dan Bebas Tanggungan Fakultas MIPA

4 Comments

Prosedur ini bisa dilakukan sebelum kompre atau setelah kompre, atau dicicil dulu juga tidak apa-apa. Namun yang perlu diingat jarak untuk meminta semua bukti tanggungan bebas2 ini harus telah menyelesaikan semua bab di dalam skripsi, bab 1- bab 5. Oke guys, sekarang aku mau jelasin aturan main ketika mengurus bebas lab, harapannya setelah kalian membaca ini, jadi punya efisiensi waktu agar tidak bolak-balik karena kurang lengkapnya informasi .

Step pertama adalah ambil blangko di akademik MIPA, di mana itu? ah masa kuliah 4 tahun ga tau bagian akademik?😀 Tempat kita minta transkrip itu loh…okay? Right, dari pintu masuk ruang akademik belok atau liat bagian kanan ada rak2 disitu ada blangko2 untuk pembebasan, ambil blangko untuk ILKOM (pastikan jangan salah ambil gan, kaya ana😦 ) . Tanya aja dech sama mbak2 nya kalu masih bingung, tapi jangan kebanyakan tanya ya gan😀 . Nah sekarang liat isi blangko tersebut kita harus menyerahkan bebas lab semua jurusan, bebas lab perpustakaan dan kopma, bla-bla, yuk kita jelaskan satu -satu disini, terserah mau ngurus mulai dari mana, pokoknya kelengkapan itu terkumpul.

MENGURUS BEBAS PINJAM LABORATORIUM SEMUA JURUSAN

MIPA punya 4 jurusan , Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Pastikan semua form bebas lab masukkan ke dalam stopmap rek, biar sopan juga, pokoknya dimana-mana sangu stopmap aja, jangan satu kalu bisa, ya kembali sedia payung sebelum hujan😀.

  1. Jurusan Matematika. Pada blangko jurusan matematika terdapat 4 tabel nama kepala Laboratorium Matematika (Pak Ratno), Laboratorium Statistika (Bu Eni), Laboratorium Ilmu Komputer (Pak Djoko), dan Laboratorium Jaringan dan Komunikasi (Bu Dany).  Juga tanda tangan ketua Jurusan Matematika (Pak Rouf). Untuk tanda tangan kepala laboratorium kita harus mencari sendiri dosen-dosennya untuk minta tanda tangan, untung-untungan kadang ketemu kadang tidak, kalu mau instant liat phone book dosen di TU Matematika Okay, untuk ttd Pak Kajur bisa minta tolong Pak Ni.😀
  2. Jurusan Biologi. Kalo boleh saya bilang di jurusan ini paling mudah ngurusnya (walau gak kebayang dulu praktikumnya bikin aku @_@ ***lah jadi curhat :D). Kalian tinggal masuk ke TU nya. Sodoring form bebas lab untuk biologi dan ditunggu beberapa menit, dan taraaaa jadi dech.
  3. Jurusan Kimia. Disini kalian perlu kartu PUAS. Apa itu kartu PUAS?kartu lulus praktikum. “Wah bu saya belum diberi kartu puas dari Kimia”. Nah lho, kita ngurus kartus puas ngeprint di lab Kimia Dasar di MIPA, daftar nama, NIM dan segala macam yang ada di daftar yang minta  kartu PUAS😀. Nah setelah pengisian itu kita disuruh nuggu satu hari, dan mengambilnya pake bayar 1000 perak,jangan lupa😀. Setelah dapat kartu PUAS silakan kembali ke TU kimia untuk menyerahkan form bebas lab, dan ini juga ditunggu satu hari gan, ya total 2 hari ngurus di Kimia, kalu agan aganwati sudah punyakartu PUAS ya  gak perlu sampek 2 hari.
  4. Jurusan Fisika. Nah disini lebih disiplin lagi, sudah ada ketentuan pengajuan pembebasan di depan TU, dituliskan , “Bawa kartu PUAS (foto copy 1 kali), Bawa Form bebas lab (foto copy 1 kali), dan Semua berkas itu harus ditaruh di dalam map” untung dimana-mana bawa stopmap, jadi ga balik2 dech, tapi balik2 juga gara2 ga tau kalo harus difotokopi😦

MENGURUS BEBAS PINJAM PERPUSTAKAAN

Mengurus bebas pinjam di perpustakaan ini kalian tinggal menyerahkan KTM, dan sumbangan alumni sebesar Rp. 25.0000,-..Sudah begitu saja dan selanjutnya akan dikasih kuitansi pembayaran dan kartu ijin khusus (status bebas pinjam). OK! Sip!

MENGURUS BEBAS KOPMA

Menguru bebas Kopma dateng aja ke Kopma, letaknya di bagian receptionist kopma, dekat kantin Kopma, sampingnya yang ada fotokopiannya, kalu masih bingung tanya bagian Informasi atau satpam terdekat😀. Disini akan diminta form surat keterangan bebas tanggungan, kalo ga ada kita disuruh untuk fotokopi terlebih dahulu. Nah ini ni kadang yang bikin antri, hanya fotokopi satu halaman, bisa ngantri lebih dari beberapa menit (sangat tidak efisien, tapi bersabarlah semua akan indah pada waktunya). Ya setidaknya aku punya solusi untuk kalian, kalian bisa fotokopi di tempat lain, bawa motor ya biar cepat, soalnya kertas yang difotokopi itu yang butuh tidak kita saja, jadi jangan egois.OK, right, atau kalau tidak ini saya punya fotokopian surat bebas tanggungan, tinggal diketik sendiri hehe..:D. Setelah menyerahkan form, pihak Kopma akan memberi tahu untuk biaya administrasi sebesar Rp.5000,-

Begitulah teman-teman ilkomers kurang lebih untuk mengurus bebas lab dan bebas tanggungan. Once more jangan lupa semua kelengkapan ada baiknya di FOTO COPY sebagai dokumentasi atau di SCAN, oke? (ya ini cuma saran sih, dipake ga dipake nggih monggo😀 ) Postingan ini akan bersambung kembali mengenai Administrasi dan kelengkapan pasca Kompre sekaligus Pendaftaran Wisuda. Semoga bermanfaat teman-teman.

Salam ilkomers ^_^

4 thoughts on “Mengurus Bebas Lab dan Bebas Tanggungan Fakultas MIPA

  1. di tempatmu gimana mi?😀

  2. klu SAP, gmna kartu puasny y?
    kn matkul dasar d akui gt sja sjak awal msuk ilkom

  3. @mbak el niar : belum tanya mbak ^_^ ato mungkin nunjukin bukti transkrip pas diploma dulu… cemungudh…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s