Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Scientific Meeting III [Part 2] : Hectic Day

Leave a comment

Makassar, 28 Maret 2014

Sebelumnya>>> Scientific Meeting 3 [Part 1] : Sebuah Perjalanan Pagi

Halo Makassar! Akhirnya sampai juga di sini. Setelah dari bandara, kami langsung dilayani panitia dengan pelayanan yang ramah, dijemput dan diantarkan ke tempat istirahat. Kami beristirahat sebentar, dan kemudian langsung diajak sarapan oleh panitia dan jalan-jalan kecil melihat sebagian kecil sisi Universitas Hasanuddin, Makassar. Kata orang-orang Makassar panas, setiba kami di bandara kalau boleh bilang sih, hawanya sejuk-sejuk aja, tapi memang benar semakin kesini, semakin hot hot  pop😀. Seusai jumatan, kami kembali menunggu jemputan dari panitia, untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu acara seminar yang berlokasi di UNHAS *lupa nama hall-nya apa :D .

Foto Bersama setelah Seminar

Para delegasi Paguyuban Penerima Beasiswa Unggulan DIKTI 2012 tingkat Nasional

Setelah sampai di Universitas Hasanuddin, kami disambut dengan senyuman-senyuman yang ramah dari panitia PBU Makassar, dan untuk acara seperti ini, rasa-rasanya lebih dari cukup cara penyambutannya, mulai dari antar-jemputnya, kualitas makanan yang disediakan, dan juga konten acaranya. Disini acara dikemas dalam bentuk seminar, yang dihadiri oleh 9 delegasi Universitas penyelenggara Beasiswa Unggulan Dikti selain tuan rumah UNHAS, diantaranya ITS, IPB, UI, UPI, UNY, UNJ, UI, UGM, dan UM. Acara dibuka dengan tarian Padduppa, yaitu tarian yang biasa digunakan untuk menyambut para tamu kehormatan, konon kata mbak MC tarian ini aslinya dari Bugis. Bugis adalah salah satu suku yang ada di Makassar selain Toraja, Mandar, dan Makassar. Cukup menarik, karena alat musik yang digunakan untuk mengiri para penari juga disajikan secara live, ada sekitar 4 orang laki-laki yang menabung kendang, dan satu perempuan cantik yang memainkan kecapi. Dengan berpakaian khas Bugis yaitu baju bodo, 5 penari cantik ini menari dengan gemulai-nya. Ngomong-ngomong soal baju bodo, jadi mengingatkanku saat TK dulu, ketika karnaval 17 Agustusan, saya kebagian untuk berpakaian khas Sulawesi Selatan,dan menggunakan baju bodo, dan sekarang saya bisa mengunjungi langsung Sulawesi Selatan. Coincidence??? Maybe.

DSC01673_Fotor

Tarian Padduppa dari mahasiswi-mahasiswi Universitas Hasanuddin, Makassar. Cantik-cantik, kan?😀

DSC01668_Fotor_Fotor_Collage

Tarian Padduppa.

Setelahnya acara dilanjutkan dengan acara seminar dengan narasumber Prof.Dr.Veni Hadju, Phd yang membahs masalah leadership dalam dunia pendidikan, dengan mengkaji sebuah buku yang berjudul “Muhammad SAW :  The Super Leader Super Manager” dengan subbab Muhammad SAW sebagai pemimpin Sistem Pendidikan Holistik. Narasumber yang kedua adalah Prof.Dr.H. Guntur Yusuf, MS, yang merupakan Ketua Unit Pengembangan Sumberdaya Manusia (UPSDM) Kopertis Wil.IX. Beliau menjelaskan mengenai penyebaran SDM Unggul sebagai regenerasi tenaga pendidik profesional dalam rangka upaya meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Acara berlangsung cukup menarik dibuktikan dengan banyaknya respon dari peserta melalui antusiasme dalam memberikan pertanyaan. Acara diakhiri kurang lebih sekitar 5:45 WITA.

Seusai acara, panitia mengantarkan kami kembali dari tempat istirahat menuju ke Hotel Tree. Sampai di hotel sudah mendekati malam, sehingga kami dipersilakan untuk makan bersama sebelum menuju ke hotel kamar. Cukup seru karena teman sekamar kita diacak oleh panitia, jadi kita akan mendapatkan teman yang tidak berasal dari delegasi yang sama. Dari sini, muncullah perkenalan-perkenalan yang akhirnya mendapat teman-teman baru yang luar biasa. Saya mendapat kesempatan untuk satu kamar dengan mbak Besse delegasi dari UNJ dan mbak Maya delegasi dari UI. Seru, karena kita ditemukan dalam waktu yang singkat namun terasa dekat itu sudah seperti lama🙂

DSC01686_Fotor_Fotor_Collage

Foto dengan teman sekamar saat SM3. Mbak Maya dari Ilmu Komunikasi UI 2012 (atas) asal Benguku , dan mbak Besse dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UNJ 2012 (bawah) asal Makassar. Nice to meet them B)

DSC01677

Potret di sudut kamar hotel. Saya suka dengan wallpaper-nya. Lucu😀 Di kamar inilah kami bertiga bertemu dan berkenalan #Nice😀

Setelah beres-beres dan bersih diri, acara selanjutnya pun dimulai sekitar 20:30 WITA, acara inti dari pertemuan mahasiswa-mahasiswa PBU, yaitu kongres PPBU. Acara kongres dilanjutkan dengan pemilihan ketua PPBU Nasional 2013 dan terpilihlah Mas Andi dari UNJ sebagai ketua, mas Arif dari UI sebagai wakil ketua, dan mbak Danur dari UGM. Acara malam ditutup sekitar pukul 01:30 WITA, kemudian menuju kamar untuk istirahat. Kami tidak langsung tidur, namun masih berkenalan dengan mbak Maya dari UI, karena teman-teman dari UI baru sampai Makassar sebelum acara Kongres PPBU berlangsung, jadi awalnya saya ketemu mbak Besse dulu, baru saya dan mbak Besse ketemu sama mbak Maya😀. Kami tidak sadar tidur jam berapa yang jelas subuh harus sudah bangun😀. Oke sekian dulu di Part 2, cukup melelahkan, tapi yang saya yakin, panitia jauh lebih lelah.

Oke, sampai jumpa di Part 3🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s