Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Female Developer Surabaya Edisi Kartinian

Leave a comment

Slide1Ilustrator by http://femaledev.com/kartinian/index.html

Surabaya, 20 April 2014

Yap..yap..yap..Kita semua tahu kalau dalam bulan April itu ada satu tanggal istimewa, yang sudah menjamur diperingati sebagai hari bangkitnya perempuan, dimana emansipasi wanita dicetuskan oleh salah satu pahlawan wanita kita yaitu R.A.Kartini. Nah, di jaman sekarang, tentunya kita sudah tidak asing dengan yang namanya teknologi, dan tidak sedikit wanita yang telah terlibat di dalamnya. Untuk mengenang jasa R.A Kartini dan keterkaitan dengan perkembangan antara teknologi dan wanita di jaman sekarang,  that’s why lahirlah event yang diberi nama //femaledev Kartinian😀 . Kegiatan ini serempak dihadirkan di 5 kota yaitu Pontianak, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Female developer dari masing-masing kota menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat bermanfaat buat masyarakat dengan tema Budaya dan Sosial. Jikala teman-teman ingin melihat apa saja aplikasi yang dibuat para female developer di masing-masing kota bisa melihat di Twitter @femaledev .

DSC01949_Fotor_Fotor_Collage2

//femaledev Kartinian  Surabaya.

//femaledev Surabaya sendiri menghasilkan sebuah aplikasi yang dinamakan Surabaya Heritage yang berisi mengenai informasi tempat bersejarah yang ada di Surabaya. Ide ini muncul karena kebanyakan dari kami sebagai developer adalah orang luar Surabaya, yang membutuhkan tempat yang tidak hanya sekedar wisata mall saja😀 . Yap, hematnya kita ingin tetap melestarikan sejarah. Kami merilis aplikasi Surabaya Heritage hari ini dengan versi alpha (yaelah.. :D) dengan kemampuan masing-masing developer yang berbeda-beda. Disana uniknya! Kolaborasi dengan 10 female developer Surabaya Heritage bisa dibilang tidak gampang, karena dalam setiap pertemuan kita tidak pernah bisa berkumpul 10 orang, dan teman-teman juga disibukkan karena musim UTS. Kalau dihitung-hitung 2 minggu kita membangun app ini sampai rilis versi alpha. Awalnya saya pribadi gak tau harus berbuat apa😀 , karena teknologi begitu cepat berjalan, sementara sekarang-sekarang ini saya lebih banyak nyetir Matlab buat oprek metode [kontribusi], biasanya sering beud pakek Java dekstop apps, sementara saat ini butuhnya web apps😀 . Jadinya, berkolaborasi dengan developer-developer ini membuat otak saya refresh dan bisa belajar ilmu baru yang sebelumnya belum pernah saya tahu. Dalam proses building application ini, kita menggunakan HTML5, PHP, dan Javascript., sementaraDBMS yang kita gunakan adalah MySQL dengan hosting [sementara] gratisan #ups😀 . engan menggunakan PhoneGap, kita juga bisa men-generate aplikasi ini ke dalam bentuk .apk, sehingga dapat digunakan untuk mobile berbasis Android. Selain itu, kita juga belajar mengenai web service dan session  yang lumayan bikin puyeng (Nabilla, red). :D Nah, pada acara ini tim developer Surabaya Heritage diberi waktu untuk mempresentasikan aplikasi dan demo aplikasi di depan peserta //femaleDev kartinian. Acara dibuka oleh mbak Shellya yang menjelaskan mengenai apa itu //femaledev dan mengapa //femaledev harus ada. Selajutnya cuap-cuap dari project manajer aplikasi Surabaya Heritage mengenai aplikasi yang dibuat. Project manajer kita yaitu Nabilla (buat saya, keren ni anak pokoknya!😀 ).

DSC01964_Fotor

Para female developer aplikasi Surabaya Heritage. Dari kanan Uswah (Ilustrator), Reisa (Database), Evy (Database), Dhea (UI -Database), Nabilla (Project Manager), Febria (UI), Sari (UI-Database)

This slideshow requires JavaScript.

Demo Aplikasi Surabaya Heritage versi alpha

Screen Shot 2014-04-20 at 7.15.50 pm

Apresiasi yang diberikan kepada tim developer aplikasi Surabaya Heritage (foto diambil dari Twitter @femaledev)

Dari hasil presentasi banyak masukan yang diberikan oleh para peserta mengenai apa yang harus ditambahkan dalam apps Surabaya Heritage, termasuk untuk berkolaborasi dengan teman-teman dari Surabaya Tempo Dulu dalam memperkaya informasi mengenai app Surabaya Heritage yang akan dikembangkan.  Selain itu, ada juga presentasi dari mbak Erlin yang merupakan organizer dari komunitas ayorek. Ayorek ini merupakan suat wadah yang dapat menampung artikel-artikel yang berkaitan dengan sejarah kota Surabaya, dan dapat digunakan pula untuk nitip informasi kalau ada kegiatan😀 . Contohnya acara femaledev kartinian ini😀 . Saya cukup salut dengan mbak Erlin ini karena background pendidikannya yang computer science  di Amerika, pulang ke Indonesia dengan kekayaan ilmunya dapat melestarikan perkembangan sejarah yang ada di Surabaya, dari zaman dahulu kala, sampai yang paling nge-trend di Surabaya saat ini, dengan cara menampung tulisan-tulisan orang yang suka dengan sejarah. Menarik.🙂

Selain bertemu dengan cewek-cewek yang tidak hanya cantik juga pinter-pinter ini, saya juga [secara tidak sengaja] bertemu dengan adik tingkat di Ilmu Komputer Universitas Brawijaya di tempat ini. Yaela, dunia sangat sempit, kan?😀. Saya bertemu Indra yang totalitas banget kalau acting =)), Evita yang juga anggota paduan suara (eala😀 ), dan juga Bonita. Really delighted to meet them  ^__^.

DSC01965_Fotor

 

Foto bersama //femaledev dari Malang yang ternyata adik tingkat saya Ilmu Komputer 2011. (Indra, Evita, dan Bonita)

Sekian cerita dari saya mengenai saya mengenai edisi spesial kegiatan //femaledev. Jikala ada kurang lebihnya harap maklum😀. Terima kasih. Selamat hari Kartini dan salam //femaledev!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s