Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Idul Adha 1435 H di Warsawa, Polandia

2 Comments

Alhamdulillah, at the first time in my life aku bisa melaksanakan Idul Adha dengan nuansa yang berbeda, dimana tempat rantau kali ini jaraknya ribuan miles. Aku senang sekali menyambut nuansa berbeda ini, sehingga aku mulai mempersiapkan keberangkatanku menuju masjid mulai pukul 7:00 am, mandi, bersih-bersih dan berangkat. Kami di Warsawa tidak sholat Ied di KBRI seperti yang sebagian besar teman-teman Indonesia [yang kuliah di Eropa] alami, karena mungkin jumlah kami yang sedikit disini🙂, sehingga kami harus menuju masjid untuk melaksanakan sholat Ied. Sebenarnya sholat Ied dimulai pukul 09.00, namun karena jarak antara dorm dan masjid cukup jauh sekitar 30 menit serta ditempuh dengan dua kali naik bus, lebih baik datang awal, daripada terlambat🙂

Sempat lari-lari pagi menuju bus station saat berangkat karena melihat di aplikasi bahwa 6 menit lagi bus akan berangkat, sementara jalan santai antara dorm  dengan bus station berkisar 10 menit. Akhirnya aku berangkat dari bus station  Rozbrat sekitar pukul 8:00 menuju Limanowskiego. Cuaca dingin sekali, sampai ketika aku ngos-ngosan waktu lari, dari hidung dan mulut seperti keluar asap😀 Sampai di bus station Limanowskiego aku berangkat menuju Łowcza, namun aku harus menunggu bus nomor 180 selama 10 menit. Sambil brerjemur dan memandang hamparan langit luas aku bersyukur masih diberi nafas untuk menikmati karuniaNya yang luar biasa. Setelah bus 180 datang, aku pun masuk dan Subhanallah, pemandangan yang mungkin jarang kutemui di hari-hari biasanya, beberapa penumpang perempuan berkerudung, dan apa lagi kalau bukan menuju ke satu tempat yang namanya masjid. Satu sama lain saling melempar senyum, menyambut Idul Adha 1435 H di masjid Warsawa Polandia.

C360_2014-10-04-09-41-46-208

 Satu-satunya masjid yang ada di kota Warsawa, Polandia. Masjid ini awalnya hanyalah sebuah vila yang kemudian ditambahi bagian gapura dengan sebuah kubah agar terlihat seperti masjid.

Sampai di masjid sempat bingung, bagian perempuan di sebelah mana. Masjid tersebut sangat kecil sekali dibandingkan jumlah jamaah yang hadir. Saat itu aku sampai di masjid sekitar pukul 08:30. Berbagai jenis orang kutemui dari berbagai macam negara, dan beberapa wanita tampak cantik mengenakan hijabnya, bahkan sangat cantik kalau aku bilang. Sholat Ied dimulai pukul 9:10 dan khutbah diberikan dengan menggunakan bahasa Arab. Sebelum sholat Ied dimulai kami juga diberi sebuah buku kecil yang isinya kumpulan doa-doa.

C360_2014-10-04-12-38-37-796

Buku kecil yang berisi kumpulan doa-doa sebanyak 244 halaman

C360_2014-10-04-09-34-16-775

Tampak jamaah yang sedang berhamburan keluar masjid setelah proses sholat Idul Adha usai

Setelah sholat, khutbah, dan doa usai, kami keluar masjid dan beberapa jamaah yang keluar masjid dikasih satu bingkisan kecil yang isinya kue. Entah apa nama kuenya, aku menyebutnya croissant mini yang ada campuran gula dan kacang-nya, lezat sekali. Di luar masjid kami bertemu dengan warga Indonesia yang lain, tidak terlalu banyak, tapi lebih dari cukup untuk menambah tali silaturahmi.

C360_2014-10-04-09-56-50-774

Kue kecil di hari Idul Adha yang diberikan di masjid Warsawa

collageIed

Seusai sholad Ied, kami sempat mampir ke Kebab King buat sekedar sarapan🙂

Demikianlah, seangkaian acara Idul Adha hari ini. Sebenarnya cukup ngiri dengan teman-teman di negara belahan Eropa yang lain karena bisa menikmati makanan Indonesia di KBRI saat hari-hari seperti ini *sudah kangen sama masakan Indonesia😀 . Namun, tiada hari yang terlewat tanpa mengucap syukur. Meskipun tidak seperti negara lain, kami bisa menikmati makanan Indonesia malam ini di rumah kakak kami di PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Polandia yang sudah 3 tahun berada disini (mbak Sylvi). Kami akan menikmati bakso, rendang, dan beberapa masakan pedas yang akan dimasak oleh Mbak Dilla dan Mbak Sylvi. Alhamdulillah.  :)🙂🙂

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Ibrahim:7)

Oke kawan-kawan, sampai jumpa di postingan berikutnya ya😉

 

2 thoughts on “Idul Adha 1435 H di Warsawa, Polandia

  1. selamat menikmati idul adha di bemua sejarah kebangkitan islam mb😀

  2. Yup🙂 sama-sama izza.. met idul adha juga ya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s