Capcay ala Chef Shary Tux

Waktu liburan di rumah merupakan waktu yang paling menyenangkan bagi saya. Memang saya terhitung jarang pulang ke rumah (ke kampung halaman tepatnya), walaupun memang jarak kota tempat saya menimba ilmu dengan rumah terhitung dekat (tapi tetep saja jauh buat saya..hehe..), menjadikan pulang ke rumah adalah hal yang sangat ditunggu, dan sayangnya  pulang paling lama adalah seminggu 😦

Kalau ingat pesan ibu saya, menimba itu penting maka nasihat itulah yang menguatkan saya. Nah yang jadi masalah sebagai seorang perempuan saya juga ingin bisa masak. Ingin kelak memanjakan lidah suami dengan masakan rumah, masakan yang saya buat dengan kedua tangan saya (yeee…so sweet kayaknya… :P). Sekali lagi sayangnya tempat kos yang saya huni, melarang anak huninya untuk memasak dengan berbagai alasan mungkin. Kalau mau pindah kos,hmmm gak mau dech udah nyaman disitu, suasananya nyaman belajar dan menumbuhkan inspirasi. Cuma ya ga bisa masak tiap hari,itu saja. 🙂 🙂  :). Dengan adanya hal tersebut maka salah satu cara menyiasati adalah setiap kali pulang kerumah adalah “time for cooking“. Saatnya ibu leyeh2 gantian saya yang olah2 (tapi ya tetep ibu ikut cawe2..habisnya gemes paling ya…kalu biasa ga diem tiba2 diem jadi ga enak dan aneh). Nah liburan di hari pertama dirumah saya membuat capcay. Sederhana sekali. 😛

Pagi belanja dulu di swalayan . Bahan yang disediakan untuk membuat capcay :

  1. Brokoli
  2. Sawi Putih
  3. Kubis
  4. Wortel (1-2 biji)
  5. Kacang Kapri (5-10 biji)
  6. Bawang bombay (1 buah cukup )
  7. Bakso (bakso yang kebetulan dipakai adalah bakso sapi) 😀
  8. Tomat (1 buah yang gedhe dan seger,selebihnya sesuai selera)
  9. Saus Tomat (secukupnya lah)
  10. Bawang merah dan bawah putih (masing-masing 4 siung)
  11. Bubuk jahe,garam,gula,merica (secukupnya)
  12. Tepung maisena (1 sendok makan saja nanti diencerkan menggunakan air mateng)

Nah sekarang yak apa membuatnya. Sebenare tidak ada referensi hanya modal feeling…hwkwkwk…:P Begini ceritanya :

  1. Bersihkan brokoli,kubis,sawi putih,kubis,wortel,tomat cuci kemudian dipotong-potong. Bersihkan kacang kaprinya juga kemudian dicuci dan tiriskan. Pisahkan bahan yang mudah layu dengan tidak.OK next…
  2. Potong2 bakso sesuai selera. (bakso bisa diganti dengan ayam,sosis,dan kawan2nya, yang masih sebangsa dan setanah air)
  3. Kupas bawang bombay,bawang putih, bawang merah. Cuci, kemudian dicacah.
  4. Siapkan wajan, sembarang wes, teflon juga bisa tergantung kapasiatas dari bahan yang kan dimasak. Masukkan sekitar 2 sendok margarine atau mentega (bedanya apa yah…hehe)
  5. Tumis bawang putih,bawang merah,bawang bombay sampai baunya harum.kemudian masukkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh bubuk jahe, satu sendok makan gula,2 sentok teh bubuk kaldu ayam. (wes diudek aja itu)
  6. Masukkan bakso,aduk2 hingga merata.
  7. Masukkan brokoli,wortel,tomat,kacang kapri.
  8. Siapkan tepung maizena yang telah diencerkan dengan air (fungsinya untuk mengentalkan), then masukkan  campuran tersebut. Dan kemudian aduk hingga merata
  9. Kasih saus tomat secukupnya
  10. Masukkan sawi putih dan kubis. beri sedikit air matang.
  11. Aduk hingga merata dan siap disajikan.

Hehehe…begitu dech…dan rasanya…hummm…nyummy….Happy cooking…(lagi demen2nya masak ***mumpung dirumah) 😛

4 thoughts on “Capcay ala Chef Shary Tux

  1. dasar kau mi…cepat sekali reaksinya kalau ada makanan…
    monster bum-bum datang….
    alhamdulilah enak mi ***berdasarkan survey data keluarga…hwkwkwk …
    opo kebetulan ae yoh enak e…hwkwkwk…
    Wadoh yak opo ngirime?dibekukan dulu?hwkwkwk…
    Main ae ke nganjuk… 😛

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.