Perjalanan Menuju Sarjana Komputer (S.Kom)

Hari H pertempuran adalah hari Kamis, 17 November 2011

28 Oktober 2011

2 minggu sebelum 28 Oktober 2011 Pembimbing 1 telah mengijinkan diri saya untuk mengalami pertempuran akhir dari perjalanan kisah selama di Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, namun saya perlu menemui Pembimbing 2 untuk bimbingan terlebih dahulu. Setelah menunggu pembimbing 2 dimana beliau sangat sibuk sekali karena memang beliau ketua program studi Ilmu Komputer, akhirnya pada tanggal 28 Oktober saya berhasil bimbingan dan uji koding bersama beliau. Dan dijadwalkanlah saya untuk ujian skripsi pada tanggal 17 November 2011 pada jam 13.00-15.00 WIB. Dug..dug..dug… Berarti 3 minggu berikutnya saya harus bertempur. Kok sampai 3 minggu? normalnya jedanya 2 minggu setelah dijadwalkan. Iya karena pembimbing 2 ada acara seminar pada tanggal 10 s/d 11-11-11 saya jadi gagal merencanakan momen yang penting di tanggal cantik 11-11-11 πŸ˜€ . Namun saya tetap bersyukur karena rencana Allah lebih indah dari yang saya bayangkan. Saya jadi lebih siap untuk menghadapi tanggal 17.

2 minggu sebelum hari H

Saya sakit, dan saya sadar bahwa saya harus ke dokter karena H-2 minggu itu sangat dekat, mengingat saya belum sama sekali mengurus kelengkapan untuk ujian. Ini benar2 kesalahan saya memang karena saya tidak tahu apa yang seharusnya saya lakukan, saya bertanya kepada kakak tingkat dan jawabannya beragam. Bingung itu pasti, tapi saya yakin di setiap langkah saya yang sudah akhir, saya tidak mau setengah2 dan semuanya harus all out. Β Saat itu tanggal 6 adalah idul adha, sebelum idul adha saya masih ingat kalau hari-hari sebelumnya saya telah membuat rencana2 apa yang harus saya lakukan sampai menjelang hari H,Β sebelum tanggal 6 saya telah merencanakan untuk bookingΒ foto ijazah dan hunting blazer. Tanggal 7 foto ijazah, tanggal 8 sampai 11 (Jum’at) mengurus berkas, tanggal 12-13 membuat power point, tanggal 13 printing namun masih ada problem yang harus diselesaikan sehingga mengakibatkan printing dilakukan mulai pagi hari di tanggal 14, dan berencana siang selesai printing, hari senin (14) rencana mau memberi undangan dan laporan kepada penguji dan pembimbing, namun apa daya kacau rencana hari senin, karena sedikit ribet untuk mengurus pembayaran lewat e-banking, Β ya benar2 e-bankingΒ kali ini tidak membantu menyelesaikan pembayaran sesuai yang diharapkan πŸ˜€ jadinya ribet. Harus legowo baiklah printing tgl 14 sampai jam 9 malam saat itu, tgl 15 memberi laporan ke dosen2, sebenarnya saya sadar saat itu sangat mepet, namun entahlah ternyata rencana yang saya susun 2 minggu sebelum bertempur cukup ruwet, karena ada prediksi2 yang tidak diduga sebelumnya. Overall selesai tanggal 15, dan tanggal 16 pesan konsumsi, latihan presntasi, dan tentunya siap2 bawa amunisi..:D

Welcome 17 November 2011

H minus beberapa jam, benar2 rasanya tidak karuan deg2 an, perut mules2, ga bisa tidur semaleman (sediki lebay memang) πŸ˜€ tapi itulah yang saya rasakan. Semua amunisi sudah siap secara materi, uji koding juga hajar aja dah (kePDan sih) tapi penting ini πŸ˜€ , namun secara mental saya siap2 menata lagi :D. Saya ke kampus sekitar jam setengan 11 saat hari H, dan amazing melihat kampus membuat saya tidak merasakan lagi apa itu ndredeg, apa itu grogi, apalagi ketika bertemu teman-teman, semuanya serasa ringan, dan rasanya benar-benar seperti akan presentasi layaknya presentasi biasanya. Saya begitu termotivasi kata-kata Mbak Milyun (Ilkom 2006) “Semangat shar, anggap saja presentasi terakhirmu di akhir S1 ini“. Thanks alot mbak dukungannya. Alhamdulillah saya siap jam 12.15 dengan kondisi yang tidak grogi, nafas pun juga sudah tertata, inilah saatnya saya beraksi! <emang mau berubah jadi ranger? :D>

Saat berada di ruang sidang yang ada hanya 5 dosen dan saya seorang

Saat yang paling berkesan buat saya, benar2 santai presentasi slow but sure, right? Dalam benak saya saat itu “Save the best for the last”, all out enough. Karena soal hasil sudah saya pasrahkan, yang penting maksimal dan terus bersugesti positif πŸ™‚ Sekitar 15 menit presentasi usai, dan mulailah “pembantaian” pertanyaan-pertanyaan :D. Dan tiba2 2-3 pertanyaan muncul langsung uji koding :)) Satu menit di awal sempat nge-blank ketika diberi sebuah caseΒ kemudian disuruh menyelesaikannya, namun wajah ini harus keliatan PD, biar mental tidak jatuh. πŸ˜€ Okelah bertanya2 kepada dosen penguji untuk kejelasan soal2 dan batasan-batasan caseΒ nya. Semuanya benar-benar mengalir, Netbeans terbuka, baris per baris codeΒ saya ketik untuk membentuk solving problem Β dari kasus yang diberikan, tiba di langkah terakhir, sempat terjadi keanehan dalam program, adrenalin Β mulai naik, saya menghirup nafas dalam-dalam untuk memberi ruang oksigen di otak saya untu berfikir dan menjaga adrenalinΒ saya untuk tetap dalam keadaan normal, alhasil sekitar 2 menit terselesaikanlan problem Β tersebut, dan saya berhasil menyelesaikan uji koding dengan lancar. Saya sangat bersyukur dalam hati saat itu, karena di ujian inilah ujian koding paling sakral (ilkomers, red) :D. Setelah uji koding pertanyaan2 kembali mengalir seputar konsep, karena sudah siap amunisi, maka aman..:) πŸ™‚ πŸ™‚ alhamdulillah…semuanya berjalan begitu saja, dan waktu telah habis untuk ujian saya dipersilahkan untuk keluar dari ruang ujian karena dosen2 akan berdiskusi memberi yudisium langsung kepada saya.

Keluar ruang sidang saya nge-blank, serius! Di ruang sidang suasananya sangat serius, dan diluar teman-teman Ilkomers A berkumpul dengan canda tawa nya, benar2 suasana yang 180 derajat. Saya terharu dan speechless saya tidak menyangka tema-teman akan datang sebanyak itu. Makasi ya ilkomers 2007 A dan B, juga Ikomers 2008, big hug. Teman-teman pada bertanya dan saya bingung menjawab pertanyaan yang mana dulu :D. Belum selesai ngbrol sama teman-teman, saya dipanggil ke dalam ruang sidang. Alhamdulillah ya Β Allah sujud syukur saya dinyatakan LULUS dengan nilai A.

bersama-sama ilkomers 2007 A (kata mereka event ini namanya pecah telur, karena lulusan pertama di kelas ilkomers A 2007 πŸ˜€ ***ada2 saja, untung ga dipecahin beneran telornya ke aku :D) Pecah telor pertama untuk angkatan 2007 telah diselesaikan oleh Ryan Hidayat ilkomers 2007 B. Terima kasih ya teman-teman Ilkomers 2007 . Semoga semuanya segera menyusul. Amin Semangat semuanya ^_^

Ucapan terima kasih saya berikan kepada :

  1. Kedua orang tua, bapak ibu saya persembahkan ini semua untuk kalian, hasil perantauan kurang lebih selama 4 tahun, usaha untuk berprestasi di bidang akademik dan non akademik…terima kasih ya doanya yang dialirkan tiap saat, tiap bulir alir mata saat sujud di sepertiga malam yang selalu membawa namaku dan adek dalam setiap doa bapak ibu. Terima kasih nasihat2 yang selalu mengingatkan aku untuk berpegang pada agama dan hanya bergantung pada Allah. Mengingatkan aku untuk selalu bersedekah, tidak meninggalkan ngaji dan sholat lima waktu. I luv u mom and dad….>^_^<
  2. Keluarga besar KERTOSARI 3, makasi ya telah banyak ngrecokin aku. Saat skripsi menghadang sering main ke kamarku buat curhat :)) Kadang ngabis2 in tisu ku kalo nangis :)) Suka jadi tukang service di kosan, kadang ga penting juga suruh ganti warna themes dekstop. Gila ya?:D:D πŸ˜€ Kalian memang membuat hidupku lebih berwarna, dan banyak hal yang bisa aku pelajari dari kalian. 4 tahun bersama kalian dari aku menjadi seorang yang paling muda angkatannya, sekarang aku menjadi kakak yang paling tua angkatannya disini. I luph u full guys.
  3. Bapak ibu dosen Ilmu Komputer terima kasih, terima kasih kepada pak Ridok dan pak Marji yang telah banyak membimbing saya dalam menyelesaikan skripsi,terima kasih kepada Bu Dian pembimbing PKL saya, terima kasih kepada Pak Nanang dan pak Hendarmawan yang pernah menjadi pembimbing saat saya mengikuti seleksi Mahasiswa Berprestasi UB 2011 dan saat itu berhasil menjadi peringkat pertama fakultas MIPA, dan peringkat 5 Mawapres UB, terima kasih kepada Pak Bayu yang pernah menjadi pembimbing saat kompetisi LKIM, terima kasih kepada Bu Chandra pembimbing karya ilmiah PKMT 2011, terima kasih kepada Bu Dany pembimbing kompetisi Lomba desain produk dan saat itu mendapat juara III tingkat Nasional, terima kasih kepada Pak Nurul pembimbing saat PIMNAS 23 di Bali, terima kasih kepada bu Lailil,Bu Dian,dan Pak Yusi selaku dosen penguji saya, dan sekaligus dosen-dosen yang pernah membimbing dan mengajar saya dalam perkuliahan, saya mengucapkan terima kasih banyak atas ilmu dan nasihat yang telah diberikan.
  4. Teman-teman seperjuangan di Ilkomers yang telah menghadiri acara sidangku makasi ya. Ga bisa sebutin satu2 banyak banget, semua angkatan yang pernah kukenal yang pernah saling mengisi, berbagi, dan bertukar pikiran. Terima kasih banyak, ilmunya sangat bermanfaat.
  5. Teman-teman team kompetisi
  • Cientifico Choir, ketika hobiku menyanyi tersalurkan di organisasi ini paduan suara paling maknyus di FMIPA UB :D. Terima kasih ya CC udah jadi bagian dari perjalanan aktivitasku. Bersama CC telah menorehkan beberapa prestasi di tingkat Nasional dan satu kompetisi Internasional. Senang berkumpul, bernyanyi dan berbagi dengan kalian. Terima kasih ya… πŸ™‚
  • 3MS Mbak Milyun, Mas Aziz, Mbak Tari, dan Mbak Vania, kenal dekat baru sebentar namun sudah seperti keluarga. Berkompetisi sama-sama dalam pagelaran acara tingkat nasional PKM-T, mulai lolos ke pendanaan, monev internal, monev internal, sampai akhirnya impian kita untuk mencapai Bali terwujud dalam acara nasional setiap tahun PIMNAS 23. Kita bersama-sama dikarantina di guest house UB selama 3 hari, ingatkah saat karantina aq ulang tahun dan kalian sungguh menyebalkan ngerjain aku…hwekwkkw…Makasi ya…benar-benar makasi mbak mas…dukungannya,..doanya…
  • Pipit ’07 dan Ikhwan ’08 kita bertiga nekat awalnya untuk kompetisi LKIM ternyata tidak lolos, namun kita bersatu kembali saat lomba desain produk. Dan saat itu aku ingat sekali H-1 sebelum batas pengumpulan, semalam baru dikerjakan, alhasil lemburan, tapi overall hasil belakang manis.Alhamdulillah terima kasih ya,,,BTW piala nya kemana ya sekarang?
  • Irine, Saipul, Guritno, Doni, Dini, Achyar, Sigit, pernah satu team dengan kalian namun kita masih belum berhasil lolos, mulai kompetisi PKMT tentang denah peta perpus (Guritno, Ipul,Irine), PKMT ttg pengawasan kinerja karyawan (Doni, Dini, Sigit) namun gagal πŸ™‚

dan teman-teman UKM Formasi yang pernah selalu aktif dalam organisasi di dalamnya terima kasih, keluarga KKN Dayu, sahabat-sahabatku yang sering chat dengan aku yangs sering kasih aku support, makasi ya semuanya…

Semoga perjalananku selama kurang lebih 4 tahun ini bermanfaat,,,Amiiin,,,,semoga dapat selalu menjaga amanah ini…Ganbatte!!! ^_^d

3 thoughts on “Perjalanan Menuju Sarjana Komputer (S.Kom)

  1. … … … … … … …….. .β€žβ€“~β€“β€žβ€¦β€¦β€¦β€¦ ..
    . … … … … … … ……./:.:. :.:.:.|.. ……… …
    . … … … … … … ……|;.;.; .;.;.;/.. ……… …
    . … … … ._β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€¦ );.;.;.;.;.| ……… ……
    . … … β€ž-”:.:.:.:.:. :.”~-β€ž;.;.;.;| ……… ……..
    . … .. (_β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€”β€žβ€ž_:.:. );.;.;..β€β€žβ€¦β€¦β€¦β€¦
    . … β€ž-”:.:.:.:.:. :.:.:””-β€ž/;.;.;.; .;.β€β€žβ€¦β€¦.. …..
    . .. (:.___β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€ž___);.;.;.;. ;.;.;.|.. ……
    . .. /””:.:.:.:.: .:.:.:¯””\ ;.;.;.;.; .;.β€žβ€β€¦β€¦. ……
    . . \:.__β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€ž__/;;;;;;;;; ;;/\…..
    . .. \.:.:.:.:.:. :.:.:.:.: .);;;;;;; ;;;/:::\. ……… …
    . … . \β€žβ€žβ€žβ€žβ€”~~~;;;;;; ;;;;;;;β€žβ€::::::: \…..
    . … … . β€œβ€”~~β€“β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€ž-”:::::::::: ::\
    . … … … … … \::::::::::: ::::::::: :::::\… …..
    ,

    Sar sar gitu lohh. Alhamdulillah ikut seneng

  2. Pingback: Selebrasi Lulus Ujian | Yuita Arum Sari

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.