Yuita A. Sari

“If you want to be a writer, you must do two things : read a lot and write a lot. There's no way around these two things that I'm aware of, no shortcut.” ― Stephen King

Beasiswa Unggulan Dikti Dalam Negeri 2012 (BPPDN Dikti)

3 Comments

Salam buat para scholarship seeeker.

Cap photoPostingan kali ini saya buat untuk mengatasi beberapa pertanyaan yang masuk beberapa bulan ini, mengenai Beasiswa Unggulan Dikti tahun 2012. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dengan hasil keluaran nantinya menjadi dosen atau tenaga pendidik. Beasiswa Unggulan (BU) terdiri dari 2 jenis yaitu dalam negeri dan luar negeri, dimana untuk ketentuan dan syarat telah dijelaskan secara detail pada buku panduan BU Dikti 2012. Buku Panduan Beasiswa Unggulan Dikti Tahun 2012 dapat diunduh disini.

Ada beasiswa unggulan juga yang dikeluarkan oleh Kemendiknas. Untuk yang kemendiknas, saya tidak kupas lebih jauh, karena memang tidak mempunyai pengalaman disana😀. Ada sedikit perbedaan mengenai BU Dikti 2011 dan 2012, yaitu pada prosedurnya dan tempat perguruan tinggi yang didaulat Dikti untuk menyelenggarakan pogram Beasiswa Unggulan. Untuk lebih jelasnya bagaimana perbedaan BU 2011 dan 2012, dapat mengunduh buku panduan BU Dikti 2011 disini.

Sebagai ringkasan perbedaannya, alur untuk melakukan pendaftaran, kalau pada tahun 2011 semua berkas pendaftaran beasiswa dilakukan oleh para pemburu beasiswa langsung ke Dikti secara personal, kalau di tahun 2012 ini lebih dimudahkan karena para pencari beasiswa dapat mendaftarkan diri untuk mendaftar BU ke universitas penyelenggara beasiswa Unggulan. 15 Perguruan Tinggi dalam negeri penyelenggara beasiswa unggulan dalam negeri pada tahun 2012 diantaranya :

1. Institut Pertanian Bogor
2. Universitas Gadjah Mada
3. Universitas Diponegoro
4. Institut Teknologi Bandung
5. Universitas Padjadjaran
6. Universitas Negeri Malang
7. Institut Teknologi Sepuluh November
8. Universitas Negeri Jakarta
9. Universitas Pendidikan Indonesia
10. Universitas Negeri Yogyakarta
11. Universitas Hasanudin
12. Universitas Indonesia
13. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
14. Institut Seni Indonesia Surakarta
15. Universitas Udayana

Jumlah universitas penyelenggara pada tahun 2012 lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2012. Jika pada tahun 2012 terdapat 15 universitas PPs, maka di tahun 2011 terdapat 45 universitas negeri dan 12 universitas swasta. Untuk yang ingin mendaftar BU Dikti 2013, silakan menunggu buku panduannya keluar terlebih dahulu😀. Untuk persamaanya dari tahun ke tahun persyaratan untuk BU Dikti sama, bisa dilihat di dalam buku panduan.

Salah satu syarat yang mungkin perlu sedikit saya beritahu disini adalah mengenai perjanjian kontrak dengan BU Dikti. Jadi selepas kita menjalani pendidikan kita sudah terikat kontrak dengan DIKTI dengan mengabdi menjadi tenaga pengajar atau dosen selama N+1 tahun , dimana N adalah lamanya masa studi. Kita diberi surat kontrak dimana isinya adalah perjanjian mengabdi di tempat X. Misalnya kita dapat tanda tangan rektor X, maka kemungkinan kita akan mengabdi di X, maka jika kita tidak mendapatkan tanda tangan rektor di tempat X, Dikti telah menyiapkan tempat buat kita mengabdi di seluruh Indonesia. Walaupun sudah dapat tanda tangan rektor X, konon menurut cerita, setelah lulus kita juga masih harus mengurus ke perguruan tinggi asal. Jikalau di perguruan tinggi asal tak terdapat kuota, maka kita mendaftar di tempat lain yang telah disediakan oleh Dikti. Yang jelas penempatannya di PT Negeri di bawah naungan Dikti.

Nah, bagaimana untuk alur pendaftarannya beasiswa? Kok diurus di universitas penyelenggara apa maksudnya? dan apakah berjalan bersamaan? Jawabannya adalah iya proses pendaftaran kita masuk ke dalam universitas sebagai PPs penyelenggara berjalan beriringan. Jadi langkah awal yang harus kita lalui adalah kita berhasil masuk ke dalam universitas yang kita inginkan, kemudian setelah itu baru proses seleksi beasiswa akan dilakukan, untuk form, syarat, dan ketentuan dipenuhi di awal. Jadi form pendaftaran untuk masuk universitas dengan form beasiswa dijadikan satu bendel.

Untuk prosedur penerimaan masuk di masing-masing universitas berbeda-beda. Kita harus mengikuti alur tersebut terlebih dahulu. Misalnya kalau di saya masuk di Pasca Informatika ITS kita harus melengkapi syarat administrasi berupa test TOEFL dan test TPA, jika lolos administrasi maka akan ada tes kemampuan bidang dan tes wawancara. Dalam tes wawancara ini kita diminta membuat suatu proposal riset. Setelah melalui prosedur-prosedur tersebut tinggallah menunggu pengumuman kita diterima atau tidak sebagai mahasiswa pasca sarjana ITS. Dan ketika sudah diterima, barulah kita menunggu pengumuman mengenai beasiswa. Jaraknya cukup lama disini, jadi harap bersabar. Yang jelas kalau sudah dapat beasiswa bisa tenang karena kuliah semuanya gratis, dan dapat uang saku🙂. Jadi sabarlah menunggu. :)  [Pengumuman Beasiswa Unggulan (BU) Dikti Dalam Negeri 2012 dapat dilihat dalam link berikut.] Nah kalau sudah diterima seleksi universitas namun tidak mendapat beasiswa bagaimana? Tinggal memilih mau pakai biaya sendiri atau tidak, kalau tidak mau bisa mengundurkan diri. Mengingat biaya untuk pascasarjan juga tidak bisa dibilang murah. Link mengenai pendaftaran di ITS bisa dilihat disini.

Prosedur penerimaan mahasiswa pascasarjana masing-masing universitas berbeda-beda, jadi kalau boleh saran stay tune di website kampus yang diincar dan stay tune di web-nya BU dikti . Oke begitulah sekiranya yang dapat saya sharing. Semoga bermanfaat🙂

3 thoughts on “Beasiswa Unggulan Dikti Dalam Negeri 2012 (BPPDN Dikti)

  1. infonya sangat bermanfaat mba. Saya rencana mau mendaftar BU dalam negeri tahun ini. Mohon sharing informasinya kalau sudah buka. Many thanks. Nirma

  2. hai kak, saya juga daftar ke informatika ITS, dan alhamdulilah lulus. tapi masih belum jelas untuk beasiswanya. kalau dulu kakak gimana apakah menunggu kepastian beasiswanya baru daftar ulang?

  3. @Reisa : Selamat ya..🙂 Welcome to the club🙂
    Tunggu dulu pengumuman beasiswanya, biasanya ada proses pengunduran tangal daftar ulang kalau beasiswanya belum turun. Namun,karena saya dahulu tidak dapat informasi demikian, saya akhirnya daftar ulang dahulu, namun untuk kemudian uang pendaftaran yang telah dibayarkan telah diganti🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s